Minggu, 25 Januari 2009

URBAN TOYS, Plastik dengan Kreativitasnya


Kalau kalian suka liat maenan-maenan dari plastik yang bentuknya lucu-lucu akhir-akhir ini, kalian pasti udah tahu sama yang namanya Urban Toys. Urban Toys adalah maenan yang terbuat dari plastik. Mau tau selengkapnya tentang Urban Toys? Yuk kita baca bareng-bareng..

Pertama kali urban toys dikenalkan itu sama orang-orang Jepang dan Hongkong. Nah tahun 90-an barulah urban toys baru berkembang ke seluruh penjuru seperti misalnya di Eropa dan Amerika Serikat. Banyak juga designer-designer dari barat yang pada akhirnya asyik membuat mainan seperti ini.
Urban toys itu biasanya dibuat dari plastik, dibuatnya juga nggak begitu banyak. Paling juga 500pcs sampai 1000pcs per designnya. Tetapi pada awalnya untuk model prototype dan limited series dibuat dari resin. Tapi ada juga yang dibuat dari kayu karet.
Ada beberapa yang sudah mendunia seperti Bearbrick, Qee, Playimaginative, Kaws, Original Fake, Kid Robot. Sampai seniman sablon terkenal seperti Frank Kozik ikut-ikutan juga berlomba-lomba membuat mainan ini. Sementara yang paling sukses dari nama-nama urban toys yang disebutkan diatas yaitu Bearbrick, buatan Medicon di Jepang. Dan sampai sekarang ada beberapa merk terkenal yang menggunakan urban toys sebagai alat brandingnya, diantaranya Nike, ODM, Motorolla, Sony Ericson.
Urban toys juga bisa dikatakan sebuah patung, tapi bedanya kalau urban toys itu dibuat dari plastik. Urban toys juga merupakan salah satu bidang kesenian, walaupun karakternya yang nggak jelas. Kalau kita melihat bentuk urban toys kita pasti bingung, sebenarnya ini bentuk apa? Manusia? Binatang? Jin? Atau apalah.. Tapi mungkin karena keabstrakannya itulah, urban toys menjadi sangat menarik.

By : Asri Wuni Wulandari

5 komentar:

andrew caudeil mengatakan...

urban toys d jual tuh di monik! wew pengen dong bearbricknya..

GUMILAR Griya Rias dan Kecantikan mengatakan...

waah blh jg infony!
lucu kali y sekedar buat pajangan kamar hihi

Asri Wuni mengatakan...

saya pengen gambar yang ditampilin.. bearbrick!!!!

Anonim mengatakan...

Suka yang resinnya, tapi mahal. :(
Custom, itu yang bikin orang pada suka sama mainan ini. Hihhi..

asoy geboy! mengatakan...

hmmmmmm . . .
lucu lucu!
tapi rada mahal ya coba gocengan , , ,
heheh , , ,