Kamis, 22 Januari 2009

Media massa saat ini sedang menikmati ajang demokrasi yang disuguhkan pemerintah dan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Internet salah satunya. Internet merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk menyebarkan informasi.

Internet sendiri merupakan teknologi komunikasi modern yang cepat diserap oleh masyarakat saat ini. Dalam internet juga kita bisa hadir bahkan berhubungan dengan orang-orang yang ada di belahan dunia manapun. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak informasi. Dalam dunia jurnalistik, internet merupakan wadah bagi pers untuk menjalankan fungsinya, yaitu memberitahu (inform), mendidik (educate), menghibur (entertaint), dan mempengaruhi.

Dan sekarang, apakah internet merupakan media massa? Jika dilihat dari perkembangan zaman, saat ini internet mulai menjadi wadah bagi semua orang dalam mencari informasi. Dalam kehidupan sehari-hari pun internet sudah mulai menjadi kebutuhan. Bahkan di taman kanak-kanak pun sudah mulai diperkenalkan komputer. Di era globalisasi yang semakin canggih ini, semua orang dituntut untuk mengetahui bahkan dapat menggunakan teknologi.


Media massa sendiri pada saat ini sedang memasuki tahap multimedia interaktif dimana informasi lebih mudah disampaikan dan lebih mudah diterima oleh khalayak. Dengan memadukan unsur tulisan, gambar, suara, membuat khalayak lebih tertarik menerima informasi. Saat ini beberapa media massa cetak bahkan elektronik sedang berlomba-lomba untuk merambah ke dunia internet.

Dari pernyataan di atas bisa kita simpulkan bahwa internet merupakan media massa, yang lebih dikenal dengan media massa online. Walaupun internet hanya sebuah sistem jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya, tetapi didalamnya terdapat banyak informasi yang diberikan untuk khalayak. Pada akhirnya harus kita akui bahwa internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencari informasi.

Sumber :
•Buku Media Massa dan Masyarakat Modern, William L. Rivers-Jay Jensen Theodore Peterson
•Sidik Blog

1 komentar:

StrawberryShortCake mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.