Senin, 26 Januari 2009

G1, Terobosan Baru Google

Tidak puas dengan hanya menjadi situs mesin pencari, Google mencoba terobosan baru dengan menciptakan sebuah ponsel. G1 nama ponsel pertama Google, yang akan dirilis pada 22 Oktober mendatang.

G1 yang merupakan hasil kerjasama dengan HTC dan T-Mobile, yang khusus memproduksi untuk daerah Amerika Serikat, dibanderol dengan harga USD179. Bahkan G1, digadang-gadang akan menyaingi iPhone, yang telah terlebih dahulu merajai pasar smartphone.

Tiga pilihan warna dalam ponsel G1.

Tampilan

Tampilan G1, yang memang dinantikan kehadirannya, hampir mirip dengan iPhone, lengkap dengan layar sentuh. Ponsel ini tersedia dalam dua warna, Hitam dan Silver. Ponsel ini sendiri memiliki desain slider, namun masih dilengkapi dengan tombol navigasi dengan posisi yang terpisah dari keypad qwerty. Saat anda membeli G1, tambahan eksternal memori berupa microSD, sebesar 1 Gigabyte, jika anda kurang puas, anda bisa menambahkan memorinya, hingga 16 Gigabyte. Disitat dari Reuters, Kamis (16/10/2008), fitur GPS, turut hadir menambah canggih ponsel ini, apalagi ditunjang dengan 3G, dan kamera dengan resolusi sebesar 3 megapixel.


Fungsi
G1 memiliki banyak fungsi, diantaranya bagi anda yang mencintai musik, G1 sangat dianjurkan karena selalu terhubung dengan Amazon.com, sebuah toko penjualan Mp3 online. Anda pun dapat menjelejah dunia maya, karena seperti iPhone, ponsel ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi. Yang menarik, G1 dilengkapi dengan Barcode Scanner yang dapat membaca UPC barcode untuk memutar Product boxes dan Book Jackets, serta mencari Web, yang berguna untuk mengetahui sebuah novel berikut harganya. Sebagai pemilik YouTube, tentu situs sharing video gratis ini juga hadir untuk memenuhi kebutuhan anda yang haus akan video terbaru. Namun sayang, Google Phone ini belum bisa menampilkan secara maksimal klip video yang diputar. Selain itu, G1 juga memiliki aplikasi bernama Zicam Cold & Flu Companion ini dibesut oleh Matrixx Initiatives dan diperuntukkan untuk ponsel Google dengan sistem operasi Android. Aplikasi ini bisa melacak keberadaan wabah flu, sehingga pemilik ponsel berjaga-jaga.

Cara Kerja
G1 dilengkapi dengan perangkat Software Android yang dimasukkan ke dalamnya. Hal ini membuat ponsel G1 mendapatkan layanan yang dipunyai oleh Google, seperti email, mesin pencarian, Google Maps, dan lainnya.

Dampak Google G1

Ponsel ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, semakin mudah mengakses internet (download video, music, gambar, dsb) dimanapun dan kapanpun. Selain itu dengan adanya aplikasi yang dapat mendeteksi wabah flu maka itu akan sangat membantu kehidupan manusia selain di dunia maya, G1 juga dapat memotret dan mendeteksi barcode suatu barang sehingga dapat memberikan pilihan harga kepada penggunanya. Pada intinya kita dapat lebih mudah mendapatkan informasi yang kita butuhkan.
Sedangkan dampak negatifnya, ponsel ini juga dapat menimbulkan cyber crime dengan bug yang sangat serius yang terdapat didalamnya sehingga ponsel tersebut mudah di hack oleh orang iseng atau hacker. Selain itu ponsel ini dapat membuat penggunanya menjadi kecanduan terhadap fasilitas yang ada didalamnya. Karena kecanduan tersebut, maka akan menyebabkan si pengguna ponsel G1 menjadi anti sosial.
Dari dampak-dampak diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa ponsel Google G1 ini memperkuat bukti dari tiga dampak utama munculnya teknologi komunikasi yang berhubungan dengan sifat komunikasi. Tiga dampak utama tersebut diantaranya interactivity, demassified, dan asyncronous.

Interactivity:
Ponsel G1 dengan terobosan baru memunculkan kemudahan yang begitu menawan akan menjaring penggunaan internet khususnya situs google menjadi semakin meningkat. Dengan fasilitas G1 yang berbeda dari yang lain diyakinkan akan menggeser posisi PDA, Blackberry, dan yang lainnya.
Demassified:
Sifat yang semula massa berubah menjadi perorangan atau personal. Dengan munculnya G1 maka semakin meningkatkan pengguna untuk mengakses internet. Kemudahan yang ada di dalam ponsel G1 memberikan pengguna untuk bisa memilah informasi dan media mana yang terbaik serta sesuai dengan kebutuhannya.
Asynchronous:
Saat kita menggunakan ponsel G1 dan langsung memilih masuk ke fitur google, maka para pengguna G1 mendapatkan informasi yang berbeda-beda. Masuk ke dalam fitur yang sama dan mendapatkan beragam informasi sehingga pengguna bebas memilah mana informasi yang dibutuhkan. Akses internet yang terdapat dalam G1 selain dapat digunakan untuk mencari informasi, juga dapat digunakan untuk download video, musik, gambar dsb. Apalagi sebagai pemilik youtube, G1 memberikan keleluasaan bagi penggunanya sebab dimudahkan mendownload video-video terbaru. Sehingga mempermudah kita untuk mendapatkan fasilitas media yang dibutuhkan, kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan para penggunanya.


Sumber :
www.htc.com
www.indonesiaheadlines.com/277854/antisipasi-wabah-flu-lewat-ponsel.html
Bahan Mata Kuliah Perkembangan Media Baru oleh dosen Dandi S
www.inilah.com
www.t-mobileg1.com
www.beritanet.com

3 komentar:

Asri Wuni mengatakan...

wahaha bisa mendeteksi adanya virus flu juga???? bisa nyembuhin juga ga?

asoy geboy! mengatakan...

haha??
canggih banget bisa mendeteksi flu???
mau donk!
up date terus ya informasinya!

asoy geboy! mengatakan...

wowwwwwwwwwww . . .
mau donk,harganya juga jauh lebih murah dari blackberry ya!